Nufus, Khayatun (2024) Upaya Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Surat Pilihan Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar di SMP NU Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120282_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120282_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2120282_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nufus, Khayatun. 2024. “Upaya Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Surat Pilihan Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar di SMP NU Karangdadap”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Firdaus Perdana, M. Pd. Kata kunci : Upaya Meningkatkan Karakter Religius, Pembiasaan Membaca Surat Pilihan, Kegiatan Belajar Mengajar. Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Karangdadap atau yang sering disebut dengan SMP NU Karangdadap merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang didirikan oleh yayasan LP Ma’arif NU (Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama) Kabupaten Pekalongan. Pendidikan Agama memegang peranan penting bagi masyarakat dengan seiring berkembangnya era globalisasi ini, terutama bagi masyarakat di kecamatan Karangdadap sendiri. Dengan pendidikan agama dapat meningkatkan kecerdasan spiritual, jiwa religius dan sikap keagamaan seseorang yang disebut dengan karakter religius. Peningkatan karakter religius dapat dilakukan dengan berbagai cara. Upaya meningkatkan karakter religius pada siswa SMP NU Karangdadap di lakukan dengan pembiasaan membaca surat pilihan sebelum kegiatan belajar mengajar. Kajian permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya menumbuhkan karakter religius siswa melalui pembiasaan membaca surat pilihan sebelum kegiatan belajar mengajar di SMP NU Karangdadap, (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembiasaan membaca surat pilihan di SMP NU Karangdadap. Kegunaan penelitian ini yaitu untuk memberikan kontribusi berupa informasi dan masukan kepada sekolah, guru serta orangtua mengenai karakter religius siswa (secara teoritis) dan memberikan informasi lebih luas mengenai arti pentingnya menumbuhkan karakter religius (secara praktis). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMP NU Karangdadap yang terletak di Dukuh Jipangan Kulon Desa Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk dalam mengumpulkan data penelitian. Kemudian pada metode analisis data peneliti menggunakan sumber dari buku dan data lapangan. Hasil penelitian ini adalah pembiasaan membaca surat pilihan sebelum kegiatan belajar dapat meningkatkan karakter religius siswa di SMP NU Karangdadap dengan bimbingan dan motivasi dari guru. Dengan pembiasaan membaca surat pilihan siswa menjadi terbiasa dan fasih membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan dapat menghafalnya, ini merupakan sikap keagamaan (religiusitas). Terdapat faktor pendukung pada upaya meningkatkan karakter religius siswa sebelum kegiatan belajar mengajar di SMP NU Karangdadap yaitu kekompakan guru dan karyawan, antusias siswa dan fasilitas yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya yaitu latar belakang siswa yang berbeda dan kurangnya kedisiplinan dan kesadaran siswa mengeni pentingnya pembiasaan membaca surat pilihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Meningkatkan Karakter Religius, Pembiasaan Membaca Surat Pilihan, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 08:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11644 |
Actions (login required)
View Item |