Murtadlo, M. Khasib Amin (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Qur’an Rote Learning Berbasis Project Partner Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di Sd Islam Nusantara Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
50322032 - Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
50322032 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
50322032 - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah dalam kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa, dimana pengelolaan media pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang kurang tepat, dikarenakannya belum menggunakan media pembelajaran hafalan Al-Qur’an secara cooperatif ditambah metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Yang menjadikan kurang inovatifnya media pembelajaran sehingga menjadikan kurang berkembangknya kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Adapun model penelitian dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Islam Nusantara Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket. Teknik analisis data menggunakan analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa, uji validitas produk oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli bahasa, serta uji produk dengan rumus N-Gain Score. Hasil penelitian pada kelas IV Papua SD Islam Nusantara Kota Pekalongan membutuhkan adanya pengembangan Media Pembelajaran Qur’an Rote learning Berbasis Project Partner dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa kelas IV. Kemudian diuji kevalidannya oleh 3 ahli, yaitu ahli materi sebesar 92% ahli bahasa sebesar 89% dan ahli bahan ajar sebesar 94% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji Paired T-test menunjukan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest yang telah dilakukan, kemudian N-Gain Score didapatkan nilai sebesar 0,79 atau lebih besar sama dengan 0,7. Hasil tersebut termasuk dalam efektifitas tinggi. Dengan demikian Keefektifan Media Pembelajaran Qur’an Rote Learning Berbasis Project Partner Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SD Islam Nusantara ini sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Qur’an Rote Learning, Project Partner, Hafalan Al-Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2024 06:45 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11758 |
Actions (login required)
View Item |