Nabila, Fiza Mutiara (2025) Implementasi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Mufradāt Siswi Kelas V Mis Simbang Kulon 02 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221010_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221010_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2221010_LampiranSkripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah menghadapi tantangan rendahnya penguasaan mufradāt. Di MIS Simbang Kulon 02, sejumlah siswi belum mampu menerjemahkan mufradāt dengan baik dan belum mencapai target hafalan yang ditetapkan. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, yaitu ceramah dan drill, yang cenderung membuat siswa pasif. Oleh karena itu, diperlukan variasi dalam pembelajaran berupa pemanfaatan media audio-visual dalam pembelajaran mufradāt siswi kelas v. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi media audio visual dalam pembelajaran mufradāt siswi kelas v MIS Simbang Kulon 02, (2) Apa keebihan dan kekurangan dari penerapan media audio visual sebagai media pengajaran mufradāt. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi media audio-visual dalam pembelajaran mufradāt siswi kelas V MIS Simbang Kulon 02, serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran mufradāt bahasa arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi yang berupa triangulasi sumber. Adapun teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi media audio visual terbukti memaksimalkan hafalan mufradat siswi kelas V MIS Simbang Kulon 02, ditunjukkan oleh hasil evaluasi dengan dominasi nilai 80–90. Media seperti lagu dan video meningkatkan daya ingat danxv minat belajar. Namun, kendala seperti keterbatasan fasilitas audio dan kesulitan mengikuti tempo lagu masih dijumpai. Temuan ini menunjukkan kelebihan sekaligus kekurangan dalam penggunaan media audio visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media Audio Visual, Animasi, Mufradāt | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:18 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |