Strategi Guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal

Intania, Zulfa (2025) Strategi Guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121109_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (573kB)
[img] Text
2121109_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf

Download (443kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Intania, Zulfa. 2025. Strategi Guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Drs. H. Akhmad Zaeni, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, taḥfiẓ qur’an, peningkatan mutu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an yang merupakan syarat menjadi seorang muslim yang sempurna (kaffah), karena membaca Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam adalah bagian dari bentuk ibadah. Selain itu kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an juga menjadi dasar penting bagi setiap Muslim. Hal ini disebabkan karena dalam pelaksanaan ibadah shalat, seorang Muslim tidak hanya dituntut menghafal bacaan salatyang menjadi bagian dari rukunnya, tetapi juga wajib menghafal-ayat-ayat Al-Qur’an, khususnya surah Al-Fatihah. Pendidikan Al-Qur’an mencakup aspek kognitif dan afektif yang berperan dalam membentuk akhlak anak serta mengembangkan kemampuan mereka dalam membaca, menghafal, dan memahami kendungan ayat-ayat al-Qur’an. Dengan demikian, secara tidak langsung proses ini dapat meningkatkan daya berpikir anak dalam menyelesaikan berbagai persoalan, baik dalam ranah akademik maupun nonakademik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits, hasil penggunaan strategi taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits, faktor pendukung dan penghambat strategi taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Data penulisan penelitian ini menggunakan data primer yang meliputi kepala sekolah, guru pengampu taḥfiẓ sekaligus al-qur’an hadits, 3 peserta didik, dan data sekunder seperti administrasi sekolah, jurnal, serta referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari kondensasi data kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal adalah strategi pembiasaan, strategi persiapan, strategi penguatan dan strategi retensi. Hasil dari penggunaan strategi tersebut membantu peserta didik mampu dalam membaca al-qur’an dan hadits serta kemampuan menghafal Al-Qur’an lebih meningkat, Pada pembelajaran taḥfiẓ dan al-qur’an hadits, peserta didik juga dapat memahami tajwid dan gari ̅b serta mampu menghafal surat dengan baik. Namun, terdapat hasil yang masih belum tercapai dari strategi tersebut yaitu pencapaian target juz 30 yang belum maksimal dan hafalan hadits Arba’in Nawawi juga belum dapat diterapkan kembali. Adapun faktor pendukung dari strategi taḥfiẓ qur’an adalah adanya pondok pesantren, rancangan pembelajaran yang terstruktur, guru taḥfiẓ yang berkompeten, dan adanya pemberian syahadah/sertifikat. Sedangkan faktor penghambat strategi adalah kurangnya motivasi dari pihak peserta didik, keterbatasan waktu mengajar, keterbatasan sarana prasarana sekolah, dan pengaruh lingkungan tempat tinggal peserta didik. ABSTRAK Intania, Zulfa. 2025. Strategi Guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Drs. H. Akhmad Zaeni, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, taḥfiẓ qur’an, peningkatan mutu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an yang merupakan syarat menjadi seorang muslim yang sempurna (kaffah), karena membaca Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam adalah bagian dari bentuk ibadah. Selain itu kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an juga menjadi dasar penting bagi setiap Muslim. Hal ini disebabkan karena dalam pelaksanaan ibadah shalat, seorang Muslim tidak hanya dituntut menghafal bacaan salatyang menjadi bagian dari rukunnya, tetapi juga wajib menghafal-ayat-ayat Al-Qur’an, khususnya surah Al-Fatihah. Pendidikan Al-Qur’an mencakup aspek kognitif dan afektif yang berperan dalam membentuk akhlak anak serta mengembangkan kemampuan mereka dalam membaca, menghafal, dan memahami kendungan ayat-ayat al-Qur’an. Dengan demikian, secara tidak langsung proses ini dapat meningkatkan daya berpikir anak dalam menyelesaikan berbagai persoalan, baik dalam ranah akademik maupun nonakademik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits, hasil penggunaan strategi taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits, faktor pendukung dan penghambat strategi taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Data penulisan penelitian ini menggunakan data primer yang meliputi kepala sekolah, guru pengampu taḥfiẓ sekaligus al-qur’an hadits, 3 peserta didik, dan data sekunder seperti administrasi sekolah, jurnal, serta referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari kondensasi data kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Guru taḥfiẓ qur’an dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an hadits di MTs Terpadu Darul Qudwah Pangkah Tegal adalah strategi pembiasaan, strategi persiapan, strategi penguatan dan strategi retensi. Hasil dari penggunaan strategi tersebut membantu peserta didik mampu dalam membaca al-qur’an dan hadits serta kemampuan menghafal Al-Qur’an lebih meningkat, Pada pembelajaran taḥfiẓ dan al-qur’an hadits, peserta didik juga dapat memahami tajwid dan gari ̅b serta mampu menghafal surat dengan baik. Namun, terdapat hasil yang masih belum tercapai dari strategi tersebut yaitu pencapaian target juz 30 yang belum maksimal dan hafalan hadits Arba’in Nawawi juga belum dapat diterapkan kembali. Adapun faktor pendukung dari strategi taḥfiẓ qur’an adalah adanya pondok pesantren, rancangan pembelajaran yang terstruktur, guru taḥfiẓ yang berkompeten, dan adanya pemberian syahadah/sertifikat. Sedangkan faktor penghambat strategi adalah kurangnya motivasi dari pihak peserta didik, keterbatasan waktu mengajar, keterbatasan sarana prasarana sekolah, dan pengaruh lingkungan tempat tinggal peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, taḥfiẓ qur’an, peningkatan mutu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:11
Last Modified: 04 Jul 2025 09:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13937

Actions (login required)

View Item View Item