Salamah, Laelatul (2025) Implementasi Penggunaan Media Kartu Dalam Pembelajaran Maharah qira’ah Di MDTU Al-Hidayah Lembasari Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2218055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2218055_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2218055_Lampiran.pdf Download (591kB) |
Abstract
Salamah, Laelatul. 2025. “Implementasi Penggunaan Media Kartu Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah di MDTU Al-Hidayah Lembasari Kabupaten tegal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Moh. Nurul Huda, M.Pd.I. Kata kunci : Maharah qira’ah, media kartu, implementasi Proses belajar mengajar saat ini sudah mulai memiliki banyak perkembangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, media berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Media disebut sebagai intrumen yang strategis. Salah satu penggunaan media yang strategis adalah media visual berupa kartu. Dengan ini peniliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai penggunaan media kartu di MDTU Al-Hidayah Lembasari Kabupaten Tegal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media kartu dalam pembelajaran maharah qira’ah di MDTU Al-Hidayah Lembasari Kabupaten Tegal dan juga untuk mengetahui bagaimana hasil dari pembelajaran dengan menggunakan media kartu dalam pembelajaran maharah qira’ah. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan field research, Sedangkan untuk metode pendekatanya adalah metode kualitatif. Sumber data yang didapat adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik analis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media kartu, pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih optimal, menarik dan secara aktif meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Pembelajaran menggunakan media kartu memiliki sisi positif dilihat dari peningkatan siswa dalam membaca setelah pembelajaran dengan media kartu dilakukan. Pelafalan makharajil huruf yang tepat menjadi bukti bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu berhasil untuk meningkatkan pengetahuan pelajar mengenai maharah qira’ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Maharah qira’ah, media kartu, implementasi | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |