Karisma, Shafa (2025) Investigating shadowing technique to reinforce english pronunciation skills for senior high school in Jakarta. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2521040_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (460kB) |
|
|
Text
2521040_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
|
Text
17 ENCLOSURE.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
Abstract
Pengucapan merupakan salah satu aspek penting dalam bahasa Inggris yang memerlukan pembelajaran seumur hidup. Bahasa bersifat dinamis dan terus berkembang menjadi kata-kata dan frasa baru. Saat siswa menemukan kata-kata, frasa, dan aksen baru sepanjang hidup mereka, mereka harus belajar menyesuaikan pengucapan mereka melalui latihan, pemaparan, dan penyempurnaan berkelanjutan. Pasti ada cara atau teknik yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran bahasa menjadi lebih mudah bagi siswa. Salah satu teknik yang dapat digunakan siswa untuk mempelajari pengucapan bahasa Inggris dengan mudah adalah teknik shadowing. Teknik shadowing merupakan teknik pembelajaran di mana siswa meniru ucapan penutur asli secara langsung dan secepat mungkin, untuk meningkatkan kejelasan dan keakuratan pengucapan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keterampilan pengucapan bahasa Inggris pada siswa sekolah menengah, mengkaji pengalaman positif dan negatif siswa dalam mempelajari pengucapan menggunakan teknik shadowing, dan mendeskripsikan bagaimana teknik shadowing dapat mendukung keterampilan pengucapan siswa melalui aspekaspek pengucapan yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan narrative inquiry. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara semi terstruktur, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik shadowing dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbicara, memperbaiki intonasi, dan memperjelas artikulasi secara signifikan. Namun, beberapa siswa menghadapi tantangan dalam mengikuti kecepatan dan irama penutur asli, menyoroti pentingnya pengulangan yang berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik shadowing dapat menjadi strategi yang efektif untuk memperkuat keterampilan pengucapan bahasa Inggris jika diterapkan secara terstruktur dan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Diharapkan temuan ini akan memberikan wawasan bagi siswa bahwa mempelajari pengucapan bahasa Inggris tidaklah sulit jika menerapkan salah satu teknik yang dapat memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri. Dan dapat memberikan wawasan bagi guru bahasa Inggris dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Shadowing technique, pronunciation, learning process | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:30 | ||||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 09:53 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
