Implementasi Kegiatan Berenang Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Kartini Kaliboyo Batang

Ningsih, Irma Wahyu (2025) Implementasi Kegiatan Berenang Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Kartini Kaliboyo Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421053_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (547kB)
[img] Text
2421053_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf

Download (281kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Irma Wahyu. 2025, 2421053 “Implementasi Kegiatan Berenang Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Kartini Kaliboyo Batang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing H. Mutammam M.Ed. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Berenang, Motorik Kasar, Anak Usia Dini Perkembangan motorik kasar anak usia dini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang fisik secara optimal. Namun, masih ditemukan sejumlah anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan kemampuan motorik kasar akibat kurangnya stimulasi gerak yang terstruktur. Kegiatan berenang merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang menyenangkan dan bertujuan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar secara menyeluruh. TK Kartini Kaliboyo Batang merupakan lembaga pendidikan yang mengimplementasikan kegiatan berenang sebagai bagian dari program ekstrakurikuler wajib yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi gerak, keseimbangan, dan kekuatan otot anak. Visi sekolah yang mendukung pengembangan potensi anak secara holistik menjadi dasar kuat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas dan wali murid, serta dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan berenang yang dilaksanakan secara terstruktur dan menyenangkan mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia secara signifikan. Anak-anak menunjukkan perkembangan positif dalam keseimbangan, kelincahan, dan kepercayaan diri. Kesimpulannya, kegiatan berenang dapat dijadikan sebagai strategi efektif dalam mengembangkan kemampuam motorik kasar anak usia dini, dengan catatan didukung oleh fasilitas, tenaga ahli, dan keterlibatan orang tua secara aktif. Kegiatan bernang yang dijadikan sebagai program ekstrakulikuler wajib terbukti berjalan efektif karena didukung oleh berbagai faktor penting. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu fasilitas kolam renang yang aman dan lokasinya dekat dari sekolah, dukungan penuh dari pihak sekolah, adanya pelatih renang yang berpengalaman dan memahami anak usia dini, antusiasme anak yang tinggi terhadap aktivitas air, keterlibatan aktif orang tua dalam bentuk komunikasi dan dukungan moral, serta jadwal pelaksanaan yang rutin dan menyenangkan. Namun tedapat juga beberapa faktor penghambat yaitu biaya tambahan untuk sewa kolam dan jasa pelatih yang dirasakan cukup membebani oleh sebagian orang tua, dan adanya anak-anak yang merasa takut tehadap air, yang memerlukan pendekatan khusus dan motivasi berulang dari guru maupun pelatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kegiatan Berenang, Motorik Kasar, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:23
Last Modified: 17 Jul 2025 07:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14329

Actions (login required)

View Item View Item