Adeliyani, Zhavira (2025) Pengaruh Motivasi Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal”. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321049_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321049_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321049_lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar anak dalam memenuhi kebutuhan psikologis pada umumnya meliputi berbagai macam kebutuhan: kebutuhan pokok, pangan, sandang, serta kasih sayang, perhatian, dan kesempatan aktualisasi diri. Semua anak dalam perjalanan pendidikannya memerlukan peran dan dukungan keluarga. Prestasi belajar siswa merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan proses pendidikan. Namun, dalam kenyataannya, tidak semua siswa mampu mencapai prestasi belajar yang optimal. Banyak faktor yang memengaruhi rendahnya prestasi belajar, seperti kurangnya motivasiSituasi di MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal Peran orang tua dan motivasi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa masih kecil, dan siswa merasa kurang mendapat dukungan dan dorongan dalam belajar dan meningkatkan prestasi akademiknya. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Motivasi Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal”. Rumusan masalah pada penelitian adalah apakah motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal?, apakah bimbingan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal?, apakah motivasi dan bimbingan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal?. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui apakah motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal, untuk mengetahui apakah bimbingan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal, untuk mengetahui apakah motivasi dan bimbingan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, kemudian sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mencari data menggunakan teknik angket dan sejumlah dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda, uji-t (parsial), uji-F (simultan), untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,023 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis tentang pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar diterima. 2. Berdasarkan hasil analisis data, bimbingan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal, dengan nilai signifikansi 0,253 > 0,05. 3. Berdasarkan hasil uji-F dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), secara bersama-sama motivasi dan bimbingan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV MI Ihsaniyah 02 Kota Tegal. Namun, secara parsial hanya motivasi yang berpengaruh signifikan, sedangkan bimbingan orang tua tidak. Motivasi merupakan faktor internal penting yang mendorong siswa aktif dan tekun belajar sehingga prestasi meningkat. Sedangkan bimbingan orang tua belum tentu efektif jika kualitasnya kurang sesuai kebutuhan siswa atau karena keterbatasan orang tua. Peneliti memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dalam menyelesaikan penelitian ini, maka sebab itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperhatikan kekurangan dan keterbatasan peneliti sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:57 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |