Fransiska, Prisma (2025) Promoting elementary school students’ english speaking skill through english day: a case study in Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2521027_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2521027_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2521027_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program English Day dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekolah dasar dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang dilakukan di salah satu sekolah dasar Islam di Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara semi-terstruktur dengan siswa dan guru kelas V. Analisis data menggunakan pendekatan analisis tematik menurut Braun dan Clarke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English Day yang diintegrasikan dengan pendekatan experiential learning melalui empat tahapan utamaPengalaman Konkret, Observasi Reflektif, Konseptualisasi Abstrak, dan Eksperimentasi Aktif-dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, memperkaya kosakata, dan meningkatkan pelafalan pada situasi yang nyata. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program, seperti kecemasan saat berbicara, kepercayaan diri yang rendah, kosakata yang terbatas, waktu latihan yang terbatas, dan diam karena takut. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa English Day efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | primary school students, english day, experiential learning, speaking skills | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:18 | ||||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 09:59 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
