Nur Amelya, Fitria (2025) Implementasi Program Ekstrakurikuler Drumband Dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Siswa Di Sd Islam Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
2321115_FITRIA NUR AMELYA_COVER_BAB I BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
2321115_FITRIA NUR AMELYA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
Text
2321115_FITRIA NUR AMELYA_LAMPIRAN_CV.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fitria Nur Amelya, 2025. Implementasi Program Ekstrakurikuler Drumband Dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Siswa di SD Islam Kajen Pekalongan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Firdaus Perdana, M.Pd Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya kepercayaan diri sebagai salah satu aspek kepribadian yang memengaruhi keberhasilan siswa, baik dalam akademik maupun kehidupan sosial. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang memiliki rasa percaya diri, khususnya saat tampil di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program ekstrakurikuler drumband dalam menanamkan rasa percaya diri siswa di SD Islam Kajen Pekalongan, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pelatih ekstrakurikuler, dan siswa kelas 3, 4, dan 5 yang mengikuti ekstrakurikuler drumband. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakurikuler drumband di SD Islam Kajen telah dilaksanakan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan keberanian siswa dalam tampil di depan umum, membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, serta membangun rasa percaya diri. Faktor pendukung keberhasilan program ini antara lain adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta dukungan penuh dari orang tua. Adapun faktor penghambatnya meliputi kurangnya motivasi siswa serta keterbatasan waktu karena aktivitas di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Drumband, Kepercayaan Diri, Implementasi, Siswa SD | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:33 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |