Sakinah, Habliya Abdani (2025) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Di SD Muhammadiyah Ambokembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
2321123_Bab 1-5.pdf Download (919kB) |
![]() |
Text
2321123 Full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321123_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepercaylaan diri merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan psikologis anak, terutama pada usia sekolah dasar (SD). Pada masa ini, anak mulai membentuk identitas diri, belajar bersosialisasi, serta menghadapi berbagai tantangan akademik dan sosial. Namun, tidak semua anak memiliki tingkat kepercaylaan diri ylang baik. Banylak anak SD mengalami perasaan rendah diri, takut mencoba hal baru, atau enggan berpartisipasi dalam kegiatan kelas karena takut salah. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler renang peserta didik dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi kegiatan ekstrakurikuler renang dalam meningkatkan kepercaylaan diri peserta didik di SD Muhammadiylah Ambokembang? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi kegiatan ekstrakurikuler renang dalam meningkatkan kepercaylaan diri peserta didik di SD Muhammadiylah Ambokembang?. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan kualilatif deskriptif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, pelatih, dan peserta didik. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait kegiatan ekstrakurikuler renang, sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sumber data, instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler renang dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SD Muhammadiyah Ambokembang mencakup, tahap perencanaan kegiatan ekstrakurikuler renang ditentukan waktu pelaksanaannya terlebih dahulu, pada tahap kurikulum dan materi pembelajaran sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pada tahap pelatih dan fasilitas sudah memenuhi standar pelatih yang berpengalaman dan fasilitas yang memadahi, pada metode pembelajaran sudah menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan peserta didik. Pada pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler renang sudah sesuai dengan perencanaan yang baik, serta jadwal pelaksannya sesuai. Pada aspek kesehatan dan keselamatan sudah sesuai. Dan pada tahap evaluasi kegiatan didapatkan setelah kegiatan adanya perubahan. Adapun faktor pendukung dari implementasi kegiatan ekstrakurikuler renang dalam peningkatkan kepecayaan diri peserta didik diantaranya: Pelatih, keaktifan peserta didik, fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya adalah biaya, keterbatasan waktu, orang tua, dan kondisi cuaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Renang, Kepercayaan Diri, Peserta Didik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:57 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |