ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MTS SALAFIYAH WONOYOSO

JINNAH, NUR UZLIFATUL (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MTS SALAFIYAH WONOYOSO. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
COVER I-V.pdf

Download (971kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk generasi beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Pembelajaran Akidah Akhlak di madrasah menjadi pilar penanaman nilai-nilai keislaman sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII dalam Kurikulum Merdeka di MTs Salafiyah Wonoyoso, Kabupaten Pekalongan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar sesuai capaian pembelajaran dan kebutuhan peserta didik dengan pendekatan berdiferensiasi. Pelaksanaan pembelajaran menekankan metode diskusi, inkuiri, penugasan proyek, serta penekanan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Sementara evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif dengan memerhatikan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Faktor pendukung implementasi di antaranya kompetensi guru, dukungan sekolah, dan budaya madrasah yang religius. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana, variasi kemampuan siswa, serta keterbatasan literasi teknologi. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang adaptif, kontekstual, dan reflektif sesuai semangat Kurikulum Merdeka untuk menanamkan nilai-nilai akidah dan akhlak secara optimal. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi rujukan bagi guru, madrasah, dan pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di era kurikulum baru. Penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas direkomendasikan untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSOPIAH, SOPIAHUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Akidah Akhlak, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:40
Last Modified: 21 Jul 2025 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item