PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR IHSAN GENIUS PEKALONGAN

FIQRIZA, HIMATUL (2025) PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR IHSAN GENIUS PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
HIMATUL F._COVER _BAB 1_BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HIMATUL F._FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
HIMATUL F_ LAMPIRAN_ DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Combined.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemandirian belajar menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan di era globalisasi dan abad ke-21, di mana siswa dituntut tidak hanya menerima ilmu secara pasif, tetapi juga mampu mengelola proses belajarnya secara mandiri. Namun, kenyataannya banyak siswa masih bergantung pada bimbingan guru atau tutor, sehingga pengembangan kemandirian belajar perlu mendapat perhatian khusus. Lembaga Bimbingan Belajar Ihsan Genius Pekalongan berperan sebagai pendukung pendidikan formal dengan menyediakan program bimbingan yang diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar yang dilakukan di lembaga bimbingan belajar Ihsan Genius?, dan Bagaimana peningkatan kemandirian belajar siswa di lembaga bimbingan belajar Ihsan Genius?, dan memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan belajar yang dilakukan di lembaga bimbingan belajar Ihsan Genius, dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa di lembaga bimbingan belajar Ihsan Genius. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari Bimbingan belajar Ihsan Genius Pekalongan dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar di Ihsan Genius dilakukan melalui pendekatan personal, penggunaan metode pembelajaran aktif, serta pemberian motivasi dan evaluasi secara berkala. Siswa dibimbing untuk mengenali gaya belajar, menentukan target belajar, serta melakukan refleksi terhadap hasil belajar yang dicapai. Temuan penelitian memperlihatkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa, yang tercermin dari kemampuan mereka dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar secara mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan belajar yang terstruktur dan berorientasi pada pengembangan kemandirian efektif dalam membentuk siswa yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbdullah, ZuhairUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, kemandirian belajar, bimbingan belajar Ihsan Genius Pekalongan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:32
Last Modified: 21 Jul 2025 09:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item