Riskiyah, Wisma (2025) PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
![]() |
Text
2218004_WISMA RISKIYAH_COVER_BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
2218004_WISMA RISKIYAH_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
Text
2218004_WISMA RISKIYAH_LAMPIRAN_CV.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidik profesional perlu mampu memahami, merencanakan, dan mengelola dirinya sendiri karena mereka memiliki tanggung jawab pribadi. Untuk memenuhi tanggung jawab profesionalnya, guru harus memiliki, menghayati, dan menguasai seperangkat kompetensi, yang meliputi pengetahuan, kemampuan, dan perilaku. Karena profesionalisme merupakan kunci keberhasilan dalam profesi guru, maka profesionalisme merupakan kualitas penting yang harus dimiliki oleh setiap guru madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan peran profesionalisme guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Aliyan Nahdlatul Ulama Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa dengan tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan penearikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa bentuk profesionalisme guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang antara lain: Penguasaan Materi dan kompetensi dasar; Daya inovasi; Pengembangan keprofesian; dan Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Peran profesionalisme guru bahasa arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang antara lain: Proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien; Penyampaian materi pelajaran yang tepat dan akurat; Pembelajaran yang interaktif; Meningkatakan antusiasme dan motivasi berlajar siswa; dan mendorong penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme Guru, Pembelajaran Bahasa Arab. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:28 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |