Nurmagupita, Sandra (2025) Per Pengaruh Penerapan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Mts Nu 01 Batang, Jawa Tengah. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120088_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2120088_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
Text
2120088_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa MTs NU 01 Batang, Jawa Tengah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), khususnya di kelas VII A dengan ratarata nilai terendah dibandingkan dengan kelas lainnya yaitu sebesar 56. Nilai tersebut diperoleh dari nilai rata-rata pada ulangan harian yang dihitung secara global. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa saat pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, salah satunya melalui metode card sort. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU 01 Batang, Jawa Tengah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU 01 Batang, Jawa Tengah dan untuk membuktikan pengaruh penerapan metode card sort pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU 01 Batang, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan control group pre test-post test design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode card sort tergolong dalam kategori “Baik Sekali” (predikat A) dengan skor 83,33%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen meningkat dari 33,42 (pretest) menjadi 80,53 (posttest), sedangkan kelas kontrol dari 39,73 (pretest) menjadi 79,46 (posttest). Uji regresi menunjukkan signifikansi 0,001 (< 0,05), yang berarti metode card sort berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs NU 01 Batang, Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Card Sort, SKI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:11 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |