Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Sistem Cash On Delivery Shopee (Studi Kasus Kelurahan Kauman Batang).

Apriyadi, Lutfi Tri (2022) Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Sistem Cash On Delivery Shopee (Studi Kasus Kelurahan Kauman Batang). Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013115479_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2013115479_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
2013115479_Lampiran.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena online shop jumlahnya kian meningkatnya seiring dengan minat individu terhadap layanan sistem bayar di tempat atau yang lebih dikenal Cash On Delivery (COD). Sistem COD muncul akibat dari adanya keluhan dari beberapa pengguna gadget (konsumen) yang menjadi korban dari penipuan, beberapa penipuan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di antaranya masalah seperti, konsumen yang sudah melakukan pembayaran melalui media transfer manual, tetapi produk tidak dikirim oleh seller. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjenis populasi target (target population), populasi dari penelitian ini adalah warga Kelurahan Kauman Kabupaten Batang pengguna aplikasi Shopee, Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis Accidental sampling, pendekatan statistik dengan menggunakan rumus Lemeshow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan variabel iklan, kepercayaan, dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sistem cod shopee di Kelurahan Kauman Kabupaten Batang. Iklan, kepercayaan dan persepsi risiko memiliki kontribusi sebesar 26,9% dalam menerangkan variabel keputusan pembelian. Sistem promosi COD melalui periklanan ditujukan guna memberikan gambaran kepada pengguna gadget terutama yang memiliki aplikasi Shopee agar dapat meyakinkan guna menumbuhkan kepercayaan dalam melakukan akses jual beli secara online, selain itu adanya penjelasan melalui fitur COD memberikan persepsi individu pengguna gadget dalam meminimalisir risiko-risiko seperti miskomunikasi dan penipuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Iklan, Kepercayaan, Persepsi risiko, dan Keputusan pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:57
Last Modified: 06 Aug 2025 01:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15564

Actions (login required)

View Item View Item