Pengaruh Orientasi Pasar, Diferensiasi Produk, dan Kualitas Pelayanan dalam Islam Terhadap Daya Saing (Studi Kasus Pengusaha Batik di Kecamatan Buaran Pekalongan

Aini, Ma'rifatul (2022) Pengaruh Orientasi Pasar, Diferensiasi Produk, dan Kualitas Pelayanan dalam Islam Terhadap Daya Saing (Studi Kasus Pengusaha Batik di Kecamatan Buaran Pekalongan. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118240_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4118240_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4118240_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagai kota kreatif dunia saat ini, Pekalongan menjadi pusat industri batik yang paling terkenal di Indonesia karena mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian di industri batik terutama di daerah Kecamatan Buaran. Oleh karena itu, persaingan dalam menjalankan usaha di bidang industri batik semakin ketat. Para pengusaha batik memiliki keinginan agar dapat menguasai pasar, sehingga mereka dituntut untuk lebih kreatif dan cerdas dalam membaca situasi pasar agar dapat memperkenalkan produknya secara meluas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, diferensiasi produk, dan kualitas pelayanan dalam Islam terhadap daya saing pengusaha batik di Kecamatan Buaran Pekalongan Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 136 responden yang merupakan pengusaha batik di Kecamatan Buaran Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel orientasi pasar secara parsial tidak berpengaruh terhadap daya saing. Variabel diferensiasi produk berpengaruh positif terhadap daya saing. Variabel kualitas pelayanan dalam Islam berpengaruh positif terhadap daya saing. Kemudian secara simultan variabel orientasi pasar, diferensiasi produk, dan kualitas pelayanan dalam Islam berpengaruh positif terhadap daya saing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfikar, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan dalam Islam, dan Daya Saing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:58
Last Modified: 06 Aug 2025 06:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item