Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah diRA Muslimat Wonorejo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Hadi Zamzami, Zulfi (2025) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah diRA Muslimat Wonorejo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421060_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (408kB)
[img] Text
2421060_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf

Download (320kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Hadi Zamzami, Zulfi. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah diRA Muslimat Wonorejo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negri K.H Abdurrahman Wahid Pekalogan. Pembimbing ; Rofiqotul Aini, M.Pd.I. Kata kunci: Wordwall, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini di RA Muslimat NU Wonorejo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah akibat metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 20 anak kelompok B3 RA Muslimat NU Wonorejo. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test), perlakuan berupa tiga kali pembelajaran menggunakan media Wordwall, dan tes akhir (post-test) yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca huruf hijaiyah. Nilai rata-rata pre-test sebesar 48,55 meningkat menjadi 78,7 pada post-test, dengan 65% anak mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil uji Paired Samples T-Test diperoleh Thitung = 16,66 ≥ Ttabel = 2,093 dengan nilai signifikansi p < 0,001, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai Cohen’s d sebesar 3,734 menunjukkan efek yang sangat besar. Dengan demikian, penggunaan media Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini. Hasil ini menegaskan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi interaktif dapat menjadi alternatif inovatif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran anak usia dini, khususnya pada pengenalan huruf hijaiyah agar lebih menarik, bermakna, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Efektivitas.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:49
Last Modified: 03 Nov 2025 03:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15914

Actions (login required)

View Item View Item