Saputri, Regina Ade (2025) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Estafet Bola Di Ra Muslimat Nu Desa Samborejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
|
Text
20422051_BAB I & V.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
20422051_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
20422051_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini sebagai pondasi pembentukan moral, etika, dan perilaku positif anak. Dalam dunia pendidikan anak usia dini, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter memerlukan kesabaran serta strategi yang tepat dari pendidik. Salah satu pendekatan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter adalah melalui metode bermain, yang menjadi sarana pembelajaran menyenangkan sekaligus bermakna bagi anak. Permainan estafet bola di RA Muslimat NU Samborejo dipilih karena mampu menumbuhkan kerja sama, kedisiplinan, tanggung jawab, dan komunikasi antar peserta didik melalui kegiatan yang menyenangkan. Adapun rumusan masalahnya yaitu Bagaimana penerapan permainan estafet bola di RA Muslimat NU Samborejo Kecamatan Tirto, nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini melalui permainan estafet bola di RA Muslimat NU Samborejo Kecamatan Tirto, serta cara penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini melalui permainan estafet bola di RA Muslimat NU Samborejo Kecamatan Tirto. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini melalui permainan estafet bola di RA Muslimat NU Desa Samborejo Kecamatan Tirto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan estafet bola dapat dijadikan sebagai sarana pembentukan karakter anak usia dini. Nilai-nilai karakter yang muncul selama kegiatan bermain meliputi religius seperti berdoa sebelum dan sesudah bermain, disiplin yaitu patuh terhadap aturan dan giliran, komunikatif dan bersahabat yaitu sikap saling menyemangati dan bekerja sama, menghargai prestasi memberikan apresiasi pada teman, serta tanggung jawab melaksanakan peran dan merapikan alat bermain. Dengan demikian, permainan estafet bola menjadi metode pembelajaran yang menarik dan bermakna dalam menanamkan nilai-nilai karakter anak usia dini secara kontekstual dan menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, anak usia dini, permainan estafet bola | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 05:39 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 05:39 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
