Pengaruh Citra Merek, Lokasi, Promosi Dan Diferensiasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah Kasuwari Kota Pekalongan

Hisam, Afiq (2025) Pengaruh Citra Merek, Lokasi, Promosi Dan Diferensiasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah Kasuwari Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221135_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221135_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4221135_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Afiq Hisam, Pengaruh Citra Merek, Lokasi, Promosi Dan Diferensiasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah Kasuwari Kota Pekalongan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, lokasi, promosi, dan diferensiasi terhadap keputusan menjadi nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Kasuwari Pekalongan. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah meningkatnya persaingan antar lembaga keuangan syariah dalam menarik minat masyarakat, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang mampu menciptakan keunggulan kompetitif melalui pembentukan citra lembaga, pemilihan lokasi yang strategis, promosi yang efektif, serta diferensiasi layanan yang unik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi seluruh nasabah LKMS Kasuwari Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 94 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R²) dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Citra Merek dan Lokasi tidak perpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di LKMS Kasuwari Pekalongan. Sedangkan Promosi, dan Diferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Secara simultan, keempat variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, dengan nilai F-hitung 17,028 > F-tabel 2,47 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,434 menunjukkan bahwa citra merek, lokasi, promosi, dan diferensiasi secara bersama-sama mampu menjelaskan 43,4% variasi keputusan menjadi nasabah, sedangkan 56,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa promosi yang efektif serta diferensiasi layanan yang kuat menjadi faktor utama yang mendorong keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah LKMS Kasuwari Pekalongan. Sementara itu, citra merek dan lokasi belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, yang menunjukkan perlunya penguatan strategi branding dan pemilihan lokasi lembaga yang lebih optimal.Pekalongan. Kata Kunci: Citra Merek, Lokasi, Promosi, Diferensiasi, Keputusan Menjadi Nasabah, Lembaga Keuangan Mikro Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Location, Promotion, Differentiation, Customer Decision, Islamic Microfinance Institutions
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:49
Last Modified: 17 Nov 2025 04:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item View Item