Fajarsiwi, Latifah Amalia (2025) Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas V Sdn 01 Kebonsari Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2320076_COVER BAB I DAN BAB V.pdf Download (867kB) |
|
|
Text
2320076_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2320076_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Amalia Fajarsiwi, Latifah. 2025. “Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN 01 Kebonsari kecamatan Karangdadap kabupaten Pekalongan.” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kguruan Tinggi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing:Diah Puspitaningrum, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan ejaan huruf kapital dan kata depan di- dalam karangan teks deskripsi siswa kelas V SDN 01 Kebonsari. (2) mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan penulisan ejaan huruf kapital dan kata depan di- dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN 01 Kebonsari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dari enam belas karangan yang dianalis ditemukan total 176 kesalahan, yang terbagi dalam 164 kesalahan penggunaan huruf kapital dan 14 kesalahan penggunaan kata depan “di-”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penulisan ejaan pada karangan teks deskripsi siswa kelas V SDN 01 Kebonsari didominasi oleh kesalahan penggunaan huruf kapital. Kesalahan penggunaan huruf kapital tersebut mencakup: (a) kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai huruf pertama awal kalimat, (b) kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai huruf pertama unsur nama orang, (c) kesalahan penggunaan huruf kapital pada nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya, dan (d) kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan. Selanjutnya, dari hasil penelitian didapatkan lima faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya kesalahan penulisan ejaan. Pertama, kurangnya pemahaman siswa terhadap penulisan ejaan yang benar. Kedua, kebiasaan buruk siswa. Ketiga, kurangnya literasi yang diketahui oleh siswa. Keempat, kurangnya latihan menulis. Kelima, metode pembelajaran yang monoton
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | kesalahan berbahasa, kesalahan penulisan ejaan, karangan deskripsi. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:02 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:02 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
