Suciati, Endang (2025) Implementasi Media Wayang Kulit Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Tk Kartini Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.
|
Text
BAB 1&2 ENDANG .pdf Download (1MB) |
|
|
Text
full text Endang.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN ENDANG.pdf Download (1MB) |
Abstract
Endang, Suciati. 2024. “Implementasi Media Wayang Kulit Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di TK Kartini Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Abdul Basith, M. Pd. Kata Kunci : Media Wayang Kulit, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini Kurangnya kosakata pada anak pada saat pembelajaran, sehingga anak kurang dalam perkembangan bahasanya. Metode pembelajaran dari guru untuk membuat anak fokus dan menarik perhatian anak, salah satunya yaitu pembelajaran melalui media wayang kulit dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak, media yang menyenangkan dan visual yang menarik untuk merangsang perkembangan bahasa anak. Penelitian ini memiliki rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi media wayang kulit meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Kartini Banjarsari? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat media wayang kulit meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Kartini Banjarsari?. Yang bertujuan 1) Untuk menganalisis media wayang kulit dalam perkembangan bahasa anak usia dini di TK Kartini Banjarsari 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat media wayang kulit dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pendidik di TK Kartini Banjarsari. Data yang diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif dari Mireles dan Huberman, yang mencakup empat langkah dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Implemetasi media wayang kulit dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini, menarik perhatian anak, merangsang daya imajinasi, serta mendorong anak untuk lebih aktif dalam berbicara, mendengarkan, dan memahami cerita. Media ini juga dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik media ini tidak hanya membuat anak menjadi pendengar yang pasif, tetapi juga berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. 2) Faktor pendukung media wayang kulit meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Kartini Banjarsari adalah imajinasi dan kreativitas, pengembangan kosakata, peningkatan kemampuan menyimak, visual yang menarik. Sedangkan faktor penghambat media wayang kulit meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Kartini Banjarsari diantaranya adalah keterbatasan media dan sumber daya, serta waktu dalam pelaksanaan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media Wayang Kulit, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:36 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:36 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
