Febriani, Anastasya Elva (2021) Pengaruh Penerapan Sekolah Adiwiyata terhadap Sikap Peduli Lingkungan (Ḥablum Minal ’Alam) di SMP Negeri 1 Bodeh. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
|
Text
2117024_Bab1&5.pdf Download (732kB) |
|
|
Text
2117024_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2117024_Lampiran.pdf Download (570kB) |
Abstract
Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Komponen yang harus ada dalam sekolah adiwiyata, di antaranya: 1) Kebijakan berwawasan lingkungan, 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, 3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan 4) Pengelolaan sarana pendukung lingkungan. Sikap peduli lingkungan dapat diartikan sebagai perhatian setiap individu terhadap lingkungan yang diwujudkan dalam tindakan/perilakunya. Perilaku yang dilakukannya dapat terkait dengan kebersihan lingkungan, kebersihan rumah, usaha hemat energi, pemanfaatan kebun/pekarangan, dan penanggulangan sampah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan sekolah adiwiyata di SMP Negeri 1 Bodeh?, bagaimana sikap peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh?, adakah pengaruh antara penerapan sekolah adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan (Ḥablum minal ’alam) di SMP Negeri 1 Bodeh?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan sekolah adiwiyata dan sikap peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh serta untuk mengetahui pengaruh antara penerapan sekolah adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan (Ḥablum minal ’alam) di SMP Negeri 1 Bodeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan sekolah adiwiyata memiliki pengaruh terhadap sikap peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Bodeh. Dibuktikan dari analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresinya adalah Ŷ = 34,848 + 6,544X. Kemudian pada tingkat signifikansi 5% diperoleh thitung = 5,522 > ttabel = 1,988 sehingga Ha diterima. Dan pada tingkat signifikansi 1% diperoleh thitung = 5,522 > ttabel = 2,636. Dari uji lanjutan, diperoleh nilai koefisien determinasi R2 = 26,8%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan sekolah adiwiyata berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan (Ḥablum Minal ’Alam) sebesar 26,8%. Sisanya, sikap peduli lingkungan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penerapan sekolah adiwiyata itu sendiri.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan Adiwiyata, Sikap Peduli Lingkungan. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 05:09 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Dec 2025 05:09 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
