Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Dengan Sistem Daring di SMP Negeri 2 Taman

Nurulaini, Isna (2021) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Dengan Sistem Daring di SMP Negeri 2 Taman. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2117021 - Bab1&5.pdf

Download (629kB)
[img] Text
2117021 _ Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text
2117021 - Lampiran.pdf

Download (333kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran diperlukan komunikasi, komunikasi tersebut lahir karena hadirnya hubungan timbal balik antara guru dan siswa yang tujuan hubungannya dapat memengaruhi perubahan intelek dan semangat siswa. Peranan komunikasi interpersonal guru disini sangat penting untuk memotivasi belajar siswa dikarenakan komunikasi merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan. Melalui komunikasi interpersonal itulah seorang guru dapat berinteraksi dengan siswanya. Serta mengelola hubungan baik dengan siswa. Dengan adanya motivasi belajar yang baik, maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman?, bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman?, apakah ada pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komunikasi interpersonal guru PAI dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komunikasi interpersonal guru PAI terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman. Jenis penelitian yang digunakan tergolong kedalam jenis penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linear sederhana. Dari penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman dikategorikan cukup baik, dengan nilai rata-rata yang menunjukkan angka 61. Sedangkan Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan sistem daring di SMP Negeri 2 Taman pun dikategorikan cukup baik, dengan nilai rata-rata yang menunjukkan angka 57. Serta dibuktikan dengan hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 2,231 + 0,909X. Kemudian didapatkan nilai thitung = 6,259 pada taraf signifikansi 5% nilai ttabel = 2,019, maka thitung = 6,259 > ttabel = 2,019 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian diperoleh R Square sebesar 0,489 artinya terdapat pengaruh sebesar 48,9% terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 51,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Dec 2025 05:13
Last Modified: 24 Dec 2025 05:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item