Probing Extensive Reading Practice For English As A Foreign Language (EFL) Students In Junior High School

Minjayani, Drika Wahyu (2023) Probing Extensive Reading Practice For English As A Foreign Language (EFL) Students In Junior High School. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2519013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2519013_Full Text.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Membaca ekstensif adalah salah satu teknik dalam bahasa asing dengan membaca sesuatu yang siswa sukai tanpa paksaan atau tuntutan. hal yang penting dari membaca ekstensif adalah membaca dengan menyesuaikan teks sesuai dengan bidang dan kemampuan. Membaca ekstensif bisa mendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk melaporkan siswa yang tertarik dalam membaca, dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Data dianalisis menggunakan teori dari Braun & Clarke (2006) dan disamping itu peneliti juga menggunakan teori dari Renandya, Hidayati,dan Ivone (2021) untuk mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa dalam membaca ekstensif. Data diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi yang dilakukan pada satu guru dan 30 siswa saat observasi di kelas, mewawancarai satu guru dan 3 siswa SMP kelas 9. Dokumentasi yang dilakukan yaitu mengambil gambar saat observasi dan wawancara berlangsung. Di SMP Pekalongan, Jawa Tengah Indonesia. Menggunakan narrative inquiry, mengidentifikasi beberapa permasalahan dan solusinya. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya beberapa permasalahan dan solusinya. Kesalahan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan membaca ekstensif antara lain yaitu motivasi rendah, jam pelajaran terbatas dan kurangnya pengetahuan tentang membaca ekstensif. Solusi dalam mengatasi permasalahan yang telah disebutkan: selalu memberikan dorongan motivasi terhadap siswa, melakukan kegiatan membaca di rumah dan sebaiknya guru banyak memahami atau mencari tahu mengenai membaca ekstensif secara luas. Berdasarkan penelitian, peneliti menyimpulkan permasalahan utama siswa dalam membaca ekstensif adalah rendahnya minat baca siswa yang disebabkan oleh rendahnya kosakata sehingga sulit untuk memahami teks dalam mengatasi hal tersebut adalah memberikan dorongan kepada siswa untuk menerapkan kebiasaan membaca. Kata kunci : membaca ekstensif, permasalahan dalam membaca, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. ABSTRACT Extensive reading is one of the techniques in foreign languages by reading something that students like without coercion or demands. the important thing about extensive reading is reading by adjusting the text according to the field and ability. Extensive reading can support students' success in foreign language learning. This study aims to report on students' interest in reading, and the problems they face. The data were analyzed using the theory of Braun & Clarke (2006) and in addition, the researcher also used the theory of Renandya, Hidayati, and Ivone (2021) to explore the problems faced by students in extensive reading. Data were obtained from observations, interviews and documentation conducted with one teacher and 30 students during classroom observations, interviewing one teacher and 3 grade 9 junior high school students. Documentation was done by taking pictures during observations and interviews. In Pekalongan Junior High School, Central Java Indonesia. Using narrative inquiry, identified several problems and their solutions. The results of the research show that there are several problems and solutions. Errors faced by students in the implementation of extensive reading include low motivation, limited lesson hours and lack of knowledge about extensive reading. Solutions in overcoming the problems that have been mentioned: always provide motivation for students, do reading activities at home and teachers should understand or find out about extensive reading widely. Based on the research, the researcher concluded that the main problem of students in extensive reading is the low interest in reading caused by low vocabulary so that it is difficult to understand the text in overcoming this is to provide encouragement to students to apply the habit of reading. Keywords: extensive reading, reading problems, english as a foreign language

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : membaca ekstensif, permasalahan dalam membaca, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:34
Last Modified: 28 Nov 2023 04:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item