Noviyanti, Delia Cahya (2024) Pengaruh Jaminan Rasa Aman, Personal Selling, Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Memilih Produk Mudharabah (Studi Kasus Produk Sahara Bmt Bahtera Cabang Warungasem). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4220035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4220035_Full Text.pdf Download (4MB) |
|
Text
4220035_Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK DELIA CAHYA NOVIYANTI. Pengaruh Jaminan Rasa Aman, Personal selling, Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Memilih Produk Mudharabah (Studi Kasus Produk Sahara Bmt Bahtera Cabang Warungasem). Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dan Koperasi Jasa Keuangan Syari'ah (KJKS) adalah contoh dari Lembaga Keuangan Syari'ah (LKS). BMT menawarkan berbagai produk dan layanan kepada anggotanya, salah satunya adalah produk simpanan atau tabungan. Di BMT Bahtera Cabang Warungasem, terdapat satu produk yang cukup sukses menarik perhatian masyarakat, yaitu tabungan sahara (simpanan hari raya) dengan mengunakan akad mudharabah. Namun, berdasarkan data yang ada, BMT Bahtera Warungasem mengalami penurunan jumlah anggota. Hal ini disebabkan oleh kasus pada salah satu BMT lain, dan menyebabkan keresahan dan ketidakpercayaan terhadap lembaga keuangan syariah secara umum.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah jaminan rasa aman, personal selling, dan lingkungan berpengaruh terhadap keputusan memilih produk sahara BMT Bahtera Warungasem. Penelitian ini termasuk Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 88 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.0 Hasil penelitian berdasarkan Uji F menunjukkan jaminan rasa aman, personal selling, dan lingkungan pada keputusan memilih produk mudharabah, dengan nilai Fhitung sebesar (88,966) > Ftabel (3,09), dan tingkat signifikan di bawah 0,001 < dari 0,05. ini menyatakan kesesuaian dengan H4 dan menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut saling mempengaruhi minat individu dalam memilih item mudharabah. Berdasarkan nilai koefisien determinasi dengan Adjusted R Square 0,832 atau 83,2%, artinya pengaruh jaminan rasa aman, personal selling, dan lingkungan terhadap keputusan anggota sebesar 83,2% sisanya 16,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci: Jaminan rasa aman, Personal selling, dan Lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Jaminan rasa aman, Personal selling, dan Lingkungan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9956 |
Actions (login required)
View Item |